www.AlvinAdam.com

Berita 24 Yogyakarta

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Ratusan Pelajar Ikuti Tantangan Bebras Indonesia 2017

Posted by On 15.37

Ratusan Pelajar Ikuti Tantangan Bebras Indonesia 2017

ID Logo Selamat datang Tamu | Jumat, 17 November 2017 BS logo Pencarian Arsip

Ratusan Pelajar Ikuti Tantangan Bebras Indonesia 2017
Kamis, 16 November 2017 | 23:26


  • KPK dan UAJY Gelar Sarasehan Pustaka
  • Workshop Job Hunt Ready and Presentation Skill
  • Pagelaran Budaya Sanjiwani Semesta FH UAJY
  • Kejar Mimpi di Era Digital
  • Kebijakan Publik dalam (Perubahan) Tata Nilai Kebangsaan

YOGYAKARTA- Sebagai salah satu Biro Bebras Indonesia, Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FTI UAJY) mengadakan kompetisi Tantangan Bebras Indonesia di Laboratorium Struktur Data FTI, Kampus 3 Gedung Bonaventura UAJY, Kamis (16/11).

Kompetisi ini dilakukan secara serentak dengan sistem online di seluruh Indonesia dengan peserta dari siswa SD, SMP dan SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam dunia pendidikan, berbagai model pembelajaran dicoba untuk diterapkan dengan tujuan untuk meningkatkan problem solving siswa salah satunya dengan Bebras. Bebras merupakan aktivitas ekstrakurikuler yang mengedukasi kemampuan problem solving dalam informatika.

Yang dilombakan dalam kompetisi ini adalah sekumpulan soal yang disebut dengan Bebras Task. Soal tersebut disajikan dalam bentuk uraian persoalan yang dilengkapi dengan gambar yang menarik sehingga siswa dapat lebih mudah memahami soal.

“Sebetulnya soal-soal itu sebagai dasar logika dan konsep pemrograman tapi dibuat dengan fun, ” ujar Stephanie Pamela Adithama ST MT, PIC Tantangan Bebras Indonesia dari UAJY dalam rilisnya Kamis (16/11).

Bebras Task diberikan berdasarkan kelompok umur siswa yaitu kelompok Litte Beavers untuk usia 8-10 tahun, kelompok Banjamins untuk usia 10-12 tahun, kelompok Cadets untuk usia 13-14 tahun, kelompok Juniors untuk usia 15-16 tahun, dan kelompok Seniors untuk usia 17-19 tahun. Kompetisi Tantangan Bebras ini untuk mengedukasi kemampuan problem solving yang di dalamnya terkandung konsep computational thinking (informatika).

“Kegiatan ini untuk melatih logika berpikir, sebelum masuk ke informatika ada mata kuliah yang berkaitan dengan programing. Ada baiknya kalau anak-anak SD, SMP, SMA itu melatih cara berpikirnya terlebih dahulu,” tambah Stephanie.

Tantangan Bebras Indonesia ini diikuti oleh sekitar 200 orang dari SD, SMP dan SMA di DIY di antaranya SD Tumbuh, SD Pangudi Luhur, SMP N 8, SMP N 5, SMA Stella Duce 2, SMA Negeri 3, dan lainnya.

Matilda Aorta Primasnita, salah satu siswa kelas 6 peserta kompetisi Tantangan Bebras Indonesia mengungkapkan walaupun soalnya agak berbeda dengan yang diajarkan di sekolah, tapi ia dapat menyelesaikannya dengan baik.

“Soalnya ada 10 dan mudah. Kalau ada lomba seperti ini lagi aku mau ikut,” tutur siswa kelas 6 SD Pangudi Luhur ini.

Kompetisi ini sudah diadakan dua kali, ke depannya tim nasional Bebras Indonesia sedang mempersiapkan kurikulum informatika untuk sekolah menengah yang digunakan sebagai co-kurikuler untuk meningkatkan literasi digital dan TIK. (gor)


Google+
Kirim Komentar Anda

Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!


  • TERPOPULER
  • TERKOMENTARI

Kevin Liliana Raih Gelar Miss International 2017

Alumni UAJY Raih Piala Citra FFI 2017

Ratusan Pelajar Ikuti Tantangan Bebras Indonesia 2017

Sumber: Google News | Berita 24 Yogya

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »