www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Begini Kata Komunitas Alun-alun Utara Yogya Soal Tarif Parkir Nuthuk

Posted by On 08.45

Begini Kata Komunitas Alun-alun Utara Yogya Soal Tarif Parkir Nuthuk

Senin 25 Desember 2017, 19:18 WIB Begini Kata Komunitas Alun-alun Utara Yogya Soal Tarif Parkir Nuthuk Ristu Hanafi - detikNews Begini Kata Komunitas Alun-alun Utara Yogya Soal Tarif Parkir NuthukFoto: Screenshot Info Cegatan Jogja Yogyakarta - Ramai beredar foto karcis parkir dengan tarif jauh di atas tarif resmi alias nuthuk di Yogyakarta. Forum Komunikasi Komunitas Alun-alun Utara (FKKAU) angkat bicara.
"Pemerintah Kota (Yogyakarta), dalam hal ini dinas perhubungan tidak menerbitkan izin parkir untuk jalan lingkar Alun-alun Utara, kecuali ketika ada acara Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS)," ujar Sekretaris FKKAU Krisnadi Setyawan kepada detikcom melalui pesan singkat, Senin (25/12/2017).
Tarif parkir di saat PMPS, kata Krisnadi, untuk motor Rp 2.000 per jam. Sedangkan di luar acara tersebut, tak ada izin resmi soal parkir.
"Bahkan ada rambu larangan parkir di sepanjang jalan lingkar tersebut. Itu yang membuat kami secara komunitas tidak bisa membuat aturan maupun pembatasan," imbuhnya.
"Jika kita membuat kesepakatan aturan tarif dengan tujuan pembatasan dan pengendalian, maka kami melanggar peraturan yang sudah ada. Itu bisa menyebabkan kami terkena masalah hukum karena menabrak rambu larangan dan membuat aturan sendiri," ulas Krisnadi.
Untuk itu, Krisnadi menyarankan agar pengguna jalan tertib dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang sudah ada.
"Solusi sederhananya ya jangan parkir di sepanjang jalan yang terdapat rambu larangannya. Monggo aturan-aturan yang telah dibuat pemerintah kita taati demi kenyamanan bersama," tutupnya.
Ta rif parkir ilegal ini terungkap dari keluhan seorang netizen yang diposting di Grup Facebook Info Cegatan Jogja (ICJ).

[Gambas:Video 20detik]


Foto selembar karcis parkir diunggah oleh akun Facebook bernama Wiwik Shopie Wiwik Shopie.
Di lembaran karcis itu tertulis 'Karcis Parkir Kawasan Khusus Alun-alun Utara. Mobil Rp 20.000, Travel Rp 40.000'.
Detikcom kemudian meminta konfirmasi kepada Plt Kabid Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Yogya, Imanuddin Aziz. Aziz menyampaikan bahwa lokasi yang karcis parkirnya diposting di facebook itu memang benar di kawasan Alun-alun Utara Yogyakarta.
Dia menjelaskan bahwa kawasan tersebut masih masuk kawasan Keraton Yogyakarta. Sehingga bukan menjadi kewenangan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta.
Namun dia menjelaskan bahwa harga yang tertera di karcis itu memang jauh di atas tarif parkir resmi yang ditetapkan di Perda No 5 Tahun 2012 Tentang Retribusi Jasa Umum.
"Kalau sisi tarif, itu mestinya mo bil Rp 2.000, bus besar Rp 20 ribu, dan bus sedang 15 ribu. Itu berdasarkan Perda No 5 Tahun 2012, tentang Retribusi yang di dalamnya mengatur tentang parkir tepi jalan umum," jelas Aziz.
(sip/sip)Sumber: Google News | Berita 24 Yogya

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »