www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Mendikbud: Semoga Segera Muncul Tino Sidin Baru

Posted by On 20.26

Mendikbud: Semoga Segera Muncul Tino Sidin Baru

Mendikbud: Semoga Segera Muncul Tino Sidin Baru  - image MENDIKBUD on https://www.cakrawala.co

JOGJAKARTA CAKRAWALA.CO ,- Inilah pesan untuk anak â€" anak dari Pak Tino Sidin ” Pak Tino mengharap agar anak-anak Indonesia senang menggambar! Oleh sebab itu Pak Tino berusaha memberikan pelajaran menggambar, baik melalui TVRI dan kaset serta buku. Dengan menggambar engkau berkreasi, guna menunjang Pembangunan Negara kita, Indonesia tercinta! Salam Tino Sidin “. Itulah pesan yang tertulis di salah satu bagian di dalam Taman Tino Sidin di desa ngestiharjo Kasihan Bantul Yogyakarta yang diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendy, kamis ( 14/12/2017).

Peresmian Patung Tino Sidin dan Pembukaan Pameran Tribute to Tino Sidin sekaligus menandai selesainya pro gram Revitalisasi Museum Tino Sidin dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir effendy yang disaksikan puluhan seniman dan budayaawan Yogyakarta. Hadir seniman patung Yusman, Pelukis Joko Pekik, Godod, Otok Bimo Sidarta dan masih banyak lagi seniman Yogyakarta yang menghadiri acara tersebut.

Peresmian dilakukan dengan cara membuka selubung patung Tino Sidin karya Pematung Yusman. Pembukaan selubung dilakukan bersama mendikbud dan Yusman sang pembuat patung. Setelah pembukaan patung dilanjutkan penandatanganan prasasti museum Tino Sidin.

” saya sangat mengapreasiasi terhadap keluarga almarhum Bapak Tino Sidin yang melestarikan dan meneruskan cita â€" cita luhur Pak Tino Sidin,” kata Menteri Pendidikan dan kebudayaan Muhajir Effendy ketika memberikan sambutan sebelum meresmikan taman tino sidin.

Tino Sidin yang lahir tahun 1925 dan wafat tahun 1995 adalah ikon acara televisi ‘Gemar Menggambar’ yang disiarkan TVRI pada tahun 1970-an hingga 199 0-an. Melalui acara tersebut Pak Tino mengajarkan seni menggambar dengan metode-metode yang menyenangkan, mudah diikuti namun tetap membebaskan, terbuka dan terarah, serta dilandasi sistem among, mengasuh dan mendidik sepenuh hati. Metode-metode yang, menurut Prof. Dr. Muhadjir Effendy dalam sambutannya, patut diteladani oleh setiap pendidik untuk membentuk karakter anak didik yang mandiri, kreatif, dan inovatif.

Sebagai apresiasi atas karya dan jasa Pak Tino Sidin dalam memperjuangkan kemerdekaan, pendidikan seni, dan budaya, telah dibangun Rumah Tetenger Taman Tino Sidin di Jl. Tino Sidin No. 297 Ngestiharjo, Bantul, Yogyakarta. Rumah Tetenger yang kemudian jadi Museum Taman Tino Sidin yang diresmikan oleh Prof. Dr. Muhamad Nuh, Menteri Pendidikan & Kebudayaan RI saat itu, pada 14 Oktober 2014.

Memperingati 92 tahun Tino Sidin dan 3 tahun Museum Taman Tino Sidin, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof.Dr. Muhadjir Effendy akan meresmikan Patung Tino Sidin †œSang Inspirator” karya Yusman pada tanggal 14 Desember 2017. Agenda ini juga sekaligus menandai rampungnya program Revitalisasi Museum Taman Tino Sidin yang merupakan bantuan dari Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan & Kebudayaan RI.***Okta

Bagaimana menurut Anda ?

komentar

Baca Juga Bungan Ucapat Selamat Atas Pernikahan Putri Presiden Membanjiri Lokasi ResepsiSumber: Google News | Berita 24 Yogya

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »