www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Toilet Mewah di Yogyakarta Belum Dioperasikan

Posted by On 04.31

Toilet Mewah di Yogyakarta Belum Dioperasikan

Minggu 24 Desember 2017, 10:23 WIB Toilet Mewah di Yogyakarta Belum Dioperasikan Edzan Raharjo - detikNews Toilet Mewah di Yogyakarta Belum DioperasikanFoto: Edzan Raharjo/detikcom Yogyakarta - Toilet umum underground atau bawah tanah dengan fasilitas internasional di Jalan Senopati, Kota Yogyakarta belum selesai danbelum bisa digunakan atau dioperasikan. Proyek tersebut masih dikebut penyelesaiannya mendekati akhir tahun ini.
Karena belum selesai, di sekitar lokasi nampak masih dikelilingi seng. Pembangunan toilet tersebut menelan biaya sebesar Rp 5,7 miliar.
Di dalam, terlihat sejumlah pekerja masih melakukan pengerjaan seperti m engganti beberapa barang. Fasilitas berupa 'wheel chair' atau lift untuk difable belum terpasang.
Toilet ini sudah mengalami perbaikan seperti lantai yang kurang miring sudah diperbaiki. Kemudian juga toilet khusus anak-anak juga sudah dipasang.
Kepala Pelaksana Proyek Pembangunan Toilet Bawah TanahTitik Nol Malioboro, Wintawan Alka Putranto mengatakan untuk wheel chair sudah ada, hanya tinggal secara teknis melakukan pemasangan. Tanggal 29 Desember sesuai kontrak selesai dan diserahkan sepenuhnya kepada Dinas PU-ESDM. Lantai yang sebelumnya dikritik Gubenrur DIY Sri Sultan HB X kurang miirng, sudah diperbaiki.
"Serah terima sudah tanggal 19 Kemarin. Ini tanggal 29 nanti karena kontrak yang baru untuk wheel chair itu sampai tanggal 29," kata Wintawan Alka Putranto di lokasi proyek toilet titik nol kilometer, jalan Senopati, Yogyakarta.

Beberapa alat yang akan dipasang di toilet umum di kawasan titik nol kmBeberapa alat yang akan dipasang di toilet umum di kawasan titik nol km Foto: Edzan Raharjo/detikcom

Untuk kaca di dinding atas meja wastafel diganti karena yang sebelumnya terdapat bercak-bercak. Untuk pagar seng akan di lepas jika sudah diserahkan tanggal 29 Desember 2017 atau menunggu dari Dinas PU-ESDM DIY.
Toilet ini inspirasinya memang internasional sehingga secara fasilitas juga internasional. Lantai dan di dinding di toilet ini terbuat dari granit dari dalam negeri. Beberapa item memang dari luar negeri seperti sistem Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) advanced oxidation processes dari Jerman.
Dengan alat tersebut, limbah dari toilet nantinya akan dibersihkan. Selain itu juga wheel chair atau lift khusus untuk difabel yang tinggal dilakukan pemasangan.
"Kalau untuk konstruksi, kami tidak ada kesulitan, cuma ada beberapa mesin pengolah limbah dan sebagainya harus perlu diuji sejauh mana terbukti karena butuh bukti dulu," katanya.
Toilet underground ini dilengkapi dengan 6 CCTV, 3 AC, alarm, tata suara, sistim IPAL advanced oxidation processes. Bangunan toilet umum ini terdiri 12 toilet wanita, 6 toilet pria, dan 1 toilet difabel, ruang laktasi 1 orang dan 10 unit urinoir.
Pengerjaan toilet ini sudah selesai, pengoperasian untuk bisa digunakan masyarakat umum.
(bgs/bgs)Sumber: Google News | Berita 24 Yogya

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »