www.AlvinAdam.com

Berita 24 Yogyakarta

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Gerhana Bulan Total, UAD Yogyakarta Lakukan Pengamatan di ...

Posted by On 19.53

Gerhana Bulan Total, UAD Yogyakarta Lakukan Pengamatan di ...

Gerhana Bulan Total, UAD Yogyakarta Lakukan Pengamatan di Beberapa Wilayah Indonesia

Kondisi langit yang mendung dapat menutupi gerhana bulan karena posisi pengamatan di bawah atmosfer bumi.

Gerhana Bulan Total, UAD Yogyakarta Lakukan Pengamatan di Beberapa Wilayah Indonesiatribunjogja/tantowi alwiDiskusi ilmiah dan salat gerhana di Masjid Ahmad Dahlan Komp. Islamic Center UAD, Rabu (31/1/2018).

Laporan Reporter Tribun Jogja, Tantowi Alwi

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Yudhiakto Pramudya, Kepala Pusat Studi Astronomi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengatakan pihaknya telah menyiapkan bebe rapa titik pengamatan gerhana bulan yang terjadi pada malam ini, Rabu (31/1/2017).

Hal itu merupakan langkah antisipasi dari Pusat Studi Astronomi UAD jika cuaca di Yogyakarta mengganggu proses pengamatan.

Kondisi langit yang mendung dapat menutupi gerhana bulan karena posisi pengamatan di bawah atmosfer bumi.

"Posisi bulan kan berada di luar atmosfer, jadi mendung akan menghambat, namun kami sudah menyiapkan beberapa titik pengamatan di wilayah lain," kata Yudhi kepada tribunjogja.com.

Diterangkannya, bahwa di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) juga melakukan proses pengamatan dan observasi gerhana bulan.

"UMSU akan berbagi link live streaming, jika kondisinya bagus," tuturnya.

Kemudian, ada beberapa relawan dari alumni UAD yang tersebar juga melakukan pengamatan seperti Nusa Tenggara Barat, Jawa Barat, Padang, Lampung, dan Jakarta.

"Meski ada yang peralatan terbatas tapi tetap bisa untuk mengumpu lkan data," tuturnya.

Sementara itu, untuk di Masjid Ahmad Dahlan Yogyakarta, pihaknya telah menyiapkan lima teleskop untuk fenomena gerhana bulan total kali ini.

Ia menambahkan dari kelima teleskop tersebut akan dibagi-bagi lagi fungsinya.

"Satu untuk live streaming di masjid, satu untuk pengambilan data, dan tiga teleskop untuk masyarakat umum yang hadir, semuanya kami siapkan," kata Yudhi.

Kelima teleskop tersebut disiapkan oleh para panitia dan akan akan ditempatkan di titik-titik strategis di sekitaran Masjid Ahmad Dahlan. (*)

Penulis: Tantowi Alwi Editor: oda Sumber: Tribun Jogja Ikuti kami di Ahok dan Anaknya Sempat Datangi Selingkuhan Veronica Tan, yang Terjadi Malah Mengejutk an Sumber: Google News | Berita 24 Yogya

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »