www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Launching Skuat, Black Steel Manokwari FC Fokus Bina Pemain ...

Posted by On 16.58

Launching Skuat, Black Steel Manokwari FC Fokus Bina Pemain ...

Black Steel Manokwari FC Ahmad Reza Hikmatyar/ Goal.com Pembinaan usia muda untuk masa depan futsal Indonesia yang lebih baik, jadi visi klub asal Papua Barat tersebut. OLEH AHMAD REZA HIKMATYAR Ikuti @rezahikmatyar di twitter

Klub futsal asal Papua Barat, Black Steel Manokwari FC, menggelar acara launching (peluncuran) tim di Atrium Ambarukmo Plaza, Yogyakarta, Selasa (15/1) siang WIB.

Berbagai kegiatan mewarnai peluncuran Black Steel yang mendapat dukungan penuh dari Ambarukmo Plaza untuk musim 2018 ini. Mulai dari pengenalan skuat, peluncuran jersey baru, talkshow, meet and greet, hi ngga coaching clinic yang dipimpin langsung oleh pelatih tim, Yori van der Torren.

Sayangnya momen tersebut masih belum bisa dimanfaatkan Black Steel untuk memperkenalkan sepasang penggawa asingnya, dikarenakan alasan personal dari kedua pemain.

Terkait

  • Bungkam Klub Myanmar, Permata Indah Manokwari Lolos Ke Semi-Final
  • Black Steel Manokwari Gelar 'Launching' Tim Di Yogyakarta
  • Permata Indah Manokwari Gagal Ke Final

Black Stell Manokwari FC

Black Stell Manokwari FC

"Saat ini kami punya 16 pemain yang sudah pasti berlaga untuk musim 2018 dan Insya Allah kami juga akan membawa dua pemain asing di dalam skuat. Namun mohon maaf, kami belum bisa mengungkapnya," tutur Ika Puspita Sari, penanggung jawab tim Black Steel.

"Alasannya karena privasi kedua pemain yang sedang mengikuti pertandingan internasional dan kami memang sepakat belum boleh mengumumkan [perekrutan] mereka. Namun hasrat kami adalah untuk memastikan mereka agar bisa bergabung bersama kami untuk Liga Futsal Idonesia musim 2018," terangnya.

Yori selaku pelatih Black Steel kemudian menegaskan bahwa target utama timnya bukanlah untuk mengejar gelar juara, tapi lebih kepada membina para pemain muda berbakat yang kini menjejali skuatnya.

"Saya bahagia bisa melatih Black Steel, karena ambisi saya adalah untuk melatih klub. Apalagi dengan visi dan misi klub yang sama dengan saya, yakni ingin mengembangkan pemain [muda]. Saya pribadi bukan pelatih yang suka menangani pemain yang sudah jadi," buka Yori pada wartawan.

"Untuk target, pasti semua tim ingin juara, ingin menang, begitulah olahraga. Jadi saya tak mau membahas lebih jauh. Target utama saya adalah mengembangkan semua pemain Black Steel, dengan bantuan pemain asing yang rencananya segera bergabung.

"Skuat kami skuat muda, dari 16 pemain sepuluh di antaranya berusia 20 tahun. Saya ingin para pemain berpengalaman nantinya juga bisa membantu saya mengembangkan para penggawa muda untuk naik level. Saya akan puas jika nantinya para pemain muda ini bisa bermain di luar negeri. Itu taget saya," tegasnya.

Black Steel Manokwari FC - Yori van der Torren

Juru taktik asal Belanda yang juga merangkap asisten pelatih timnas futsal Indonesia U-20 itu lantas menjawab kontroversi yang melekat pada status kepelatihannya. Perlu diketahui bahwa Yori kini baru memegang lisensi level dua AFC untuk melatih futsal.

< p>Padahal sesuai aturan Federasi Futsal Indonesia (FFI), untuk memimpin sebuah klub di Liga Fusal Indonesia musim 2018 ini pelatih asing minimal harus memiliki lisensi level tiga AFC.

"Benar bahwa saya sekarang baru memiliki lisensi level dua AFC dan saya tahu aturannya. Sementara untuk pelatih nasional boleh lisensi level dua AFC. Apakah itu bagus? Menurut saya tidak, karena futsal Indonesia bisa belajar banyak dari pelatih asing," timpal Yori.

"Saya juga sudah lima tahun tinggal di Indonesia, di Yogyakarta. Saya melatih di sini dari semua level, dari akademi, Porda, PON, timnas, dan sekarang klub. Tidak masalah buat saya soal aturan lisensi itu, tapi mereka [federasi] juga harus paham dengan situasi futsal Indonesia sekarang.

"Indonesia itu potensinya bagus, tapi begitu maju ke AFF atau AFC kita selalu dapat hasil buruk. Jadi kenapa mempersulit pelatih asing untuk berbagi pengalaman di sini? Bagaimanapun kami harus mencari solusi untuk masa lah ini. Saya pasti akan berjuang untuk melatih Black Steel dengan lisensi level dua dan saya berharap federasi juga menghargai perjuangan saya melatih di Indonesia sampai saat ini. Saya harap mereka mengerti," harapnya.

Sepanjang musim Black Steel bakal menjadikan Yogya sebagai homebase, karena alasan antusiasme dan pandangan bahwa Kota Gudeg merupakan "Kota Futsal Indonesia" yang baru. Liga Futsal Indonesia 2018 yang memiliki nama resmi Blend Futsal Profesional (BFP) sendiri direncanakan bakal dimulai pada akhir Januari hingga selesai pada Mei.

Sumber: Google News | Berita 24 Yogya

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »