www.AlvinAdam.com
Kirim Berita Yogya: Klik Disini | Konfirmasi Berita Yogya: Klik Disini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Menguji ketangguhan dan transmisi CVT Datsun Cross di Gunung ...

Posted by On 05.13

Menguji ketangguhan dan transmisi CVT Datsun Cross di Gunung ...

Merdeka > Otomotif Menguji ketangguhan dan transmisi CVT Datsun Cross di Gunung Kidul, Yogyakarta Kamis, 3 Mei 2018 12:00 Reporter : Fikri Faqih Datsun CROSS. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Untuk menguji ketangguhan mobil compact crossover Datsun Cross, Datsun Indonesia melakukan media test drive di Yogyakarta, sejak kemarin (2/5) hingga Kamis (3/5). Test drive pun didesain sedemikian rupa, agar para peserta dapat merasakan dan menikmati kenyamanan Datsun Cross di berbagai situasi berkendara, baik dalam kota maupun luar kota.

BERITA TERKAIT
  • Populasi Datsun dunia 300.000 unit, tapi di Indonesia drop 59 persen
  • Nissan Motor Indonesia luncurkan mobil terbaru seharga Rp 135 juta
  • Datsun tawarkan mobil limited edition Rp 148 juta di GIIAS 2017

Sejumlah wartawan termasuk Merdeka.com mendapat kesempatan istimewa tersebut. Tantangan hari pertama, Datsun Cross menjajal terjalnya medan kawasan Gunungkidul.

Dengan kekuatan mesin 1.300 cc, crossover kompak yang dirilis awal tahun ini melintasi jalan menanjak dan berliku menuju Pantai Ngandong, Wonosari, Gunung Kidul.

Hana Maharani, Heaf Of Communications PT Nissan Motor Indonesia, mengatakan perjalanan ini untuk memperkenalkan Datsun Cross pada masyarakat di Yogayakarta. Selain itu, medan alam yang unik menjadi t antangan tersendiri bagi Datsun Cross.

"Karena gaya hidup konsumen sekarang beragam, maka kami coba kenalkan Datsun Cross yang cocok dikendarai di dalam kota dan luar kota. Maka itu, hari pertama kami pilih pantai Ngandong Gunungkidul agar awak media bisa menjajal secara langsung ketangguhan mobil ini," ujar Hana di Yogyakarta, Rabu (2/5).

Dalam perjalanan selama kurang lebih dua jam itu, Datsun Cross mampu melewati tingginya tanjakan di kawasan Gunungkidul. Selain itu, transmisi Xtronic Continuously Variable Transmission (CVT) yang disematkan pada model pengembangan Datsun Go+ ini membuat perjalanan semakin nyaman.

Namun, suspensi Datsun Cross ini tidak senyaman yang digaungkan. Kala melibas jalan bergelombang, suspensi terasa lebih keras, demi menjaga kestabilan mobil kala melaju dengan kencang.

Anton Khristanto, R&D Manager Nissan Motor Indonesia, mengungkapkan desain mobil ini disesuaikan dengan kondisi jalanan di Indonesia, sehingga cocok untuk perkotaan, tanjakan, belokan, hingga jalan tidak rata.

"Tak hanya itu, Datsun Cross juga dilengkapi dengan fitur vehicle dynamics control (VDC) atau fitur keselamatan saat keadaan darurat. Fitur lainnya, memiliki kabin yang senyap serta fitur transmisi otomatis CVT seperti mobil Nissan," jelas Anton.

Di hari pertama ini, peserta mengendarai Datsun Cross dalam perjalanan sekitar 70 km ke arah selatan Yogyakarta, menuju Pantai Ngandong. Di sepanjang jalan, peserta disuguhi pemandangan menarik dan berkesempatan mencicipi keandalan Datsun Cross melewati beragam situasi jalan.

Saat melewati daerah Wonosari yang banyak tikungan dengan kontur jalan yang meliuk-liuk dan berangin, transmisi Xtronic CVT yang diandalkan mobil berkapasitas 5+2 penumpang ini menunjukkan benefitnya. Mulai akselerasi mulus, responsif, dan irit bahan bakar. Transmisi step-less ini memungkinkan peralihan gigi mulus di segala situasi.

Sementara rasio giginya yang lebar cocok sekali dengan situasi jalanan Indonesia sekaligus mampu menghemat bahan bakar karena bekerja pada RPM mesin yang paling efisien, bahkan di kecepatan tinggi. transmisi CVT ini juga responsif, karena mengontrol transmisi untuk tetap di gigi terbaik berdasarkan posisi pedal gas pengemudi.

Datsun CROSS 2018 Merdeka.com

Kelebihan lain transmis Xtronic CVT Datsun Cross dipadu sistem suspensi untuk menciptakan respons dan kestabilan tinggi. Peredam kejut juga dipasang di kedua sisi, sehingga membantu pengemudi dalam menjaga keseimbangan gerakan kendaraan. Penyetelan suspensi depan dan belakang yang seimbang menciptakan gerakan linear, membuat penumpang merasa nyaman bahkan ketika mobil melaju di jalan bergelombang.

Ketika menempuh jalan berbatu, ground clearance tinggi (200 mm) dengan ban berukuran 15 inci memberikan kemudahan bagi pengemudi dalam menghadapi jalan kurang mulus di daerah pinggiran kota. Datsun Cross juga memiliki body cladding yang kokoh dan under body skid plates untuk melindungi mobil dari kerusakan yang disebabkan oleh kerikil dan lumpur.

Dengan banyaknya tikungan tajam sepanjang perjalanan di luar kota, pengemudi diharapkan ekstra hati-hati kala berkendara, terutama mencegah kecelakaan dengan obyek-objek yang dapat muncul tiba-tiba, seperti alat angkut petani atau hewan ternak. Situasi ini membutuhkan fitur keselamatan yang mumpuni.

Namun, jangan khawatir karena Datsun Cross dilengkapi fitur keamanan berlimpah. Seperti sistem VDC yang terdiri dari traction control system (TCS), anti-lock braking system (ABS) dengan electronic brake-force distribution (EBD), dan brake-limited slip differential (B-LSD).

Jadi apabila terjadi over-steering, VDC langsung membantu meningkatkan stabilitas dengan melakukan pengereman pada kedua roda bagian luar di momen yang tepat. Jika kendaraan berbelok karena under-steering, VDC membantu meningkatkan stabilitas dengan mengerem bagian dalam roda belakang.

Untuk perjalanan jauh, Datsun Cross memiliki kesenyapan kabin baik, menghasilkan nuansa nyaman dengan meredam noise, vibration, dan harshness (NVH) ke level minimum. Kabin senyap menciptakan suasana berkendara yang nyaman. Bagian panel bodi pun diperkuat untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan kendaraan.

Mobil Outdoor Activity
Akhirnya kami tiba di Pantai Ngandong, pantai indah yang berlokasi di Desa Sidoharjo ini terkenal dengan pasir putih dan pemandangannya. Pengunjung biasa datang ke sini untuk berselancar, snorkeling atau sekadar menikmati suasana pantai.

Dalam test drive kali ini, Datsun Cross bekerja sama dengan Salini Rengganis, peselancar nasional, untuk memberikan pengalaman menantang bagi peserta, yakni belajar selancar.

Salini Rengganis adalah peselancar berprestas i yang telah memenangkan banyak kejuaraan sejak 2009, termasuk Indonesias Best Female Surfer 2012, serta meraih peringkat delapan pada Indonesia Surfing Championship di Pro Asia 2014.

Salini mengaku sudah menjajal Datsun Cross sendiri. Kata dia, saya bukan pengemudi professional, tapi saya merasa nyaman, karena mengendarai Datsun Cross mudah dan menenangkan.

"Kesan pertama saya terhadap Datsun Cross adalah mobil ini dibuat untuk orang-orang aktif dan sering berkegiatan outdoor seperti saya. Mobilnya lincah dan fungsional, membawa perlengkapan dan peralatan berselancar pun tidak masalah karena roof rail/racknya fungsional," ungkap Salini.

Perjalanan Datsun Cross akan berlanjut di hari kedua dengan menelusuri warisan budaya di dalam kota Yogyakarta, sekaligus mengenal kembali DNA Datsun yang kuat, tangguh dan menarik, seperti Datsun ada di tahun 1960-an di Indonesia. [ara]


Topik berita Terkait:
  1. Datsun GO
  2. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini
  • Kumpulkan Kapolda dan Kapolres, Kapolri bahas mudik, pilkada, hingga Asian Games

  • Calon kepala daerah di Pilkada serentak 2018 dilarang main sinetron

  • PDIP bekali saksi-saksi Gus Ipul-Puti Soekarno

Rekomendasi

Sumber: Google News | Berita 24 Yogya

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »