www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Info Pendaftaran PPDB Online Tingkat SMP Jalur Prestasi di ...

Posted by On 01.38

Info Pendaftaran PPDB Online Tingkat SMP Jalur Prestasi di ...

PPDB Online

Info Pendaftaran PPDB Online Tingkat SMP Jalur Prestasi di Yogyakarta

Info Pendaftaran PPDB Online Tingkat SMP Jalur Prestasi di Yogyakarta. Info Pendaftaran PPDB Online Tingkat SMP Jalur Prestasi di Yogyakarta

Info Pendaftaran PPDB Online Tingkat SMP Jalur Prestasi di YogyakartaTRIBUNJOGJA/Bramasto AdhyINFORMASI PPDB - Wali murid mendatangi Disdikpora Kota Yogyakarta untuk meminta informasi seputar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018 diJalan Hayam Wuruk, Yogyakarta, Jumat (22/6/2018). PPDB 2018 akan dimulai 3-5 Juli 2018 untuk tingkat SMA/SMK.

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YO GYA - Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP untuk jalur prestasi secara online telah dibuka, Senin (25/6/2017).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Edy Heri Suasana menjelaskan jalur prestasi yang dimaksud meliputi peserta didik yang berasal dari dalam dan juga luar kota.

"Kalau untuk dalam kota prosentasenya 90 persen, terdiri dari 75 persen zonasi dan 15 persen prestasi. Kalau dari luar kota kuota untuk jalur prestasi adalah 5 persen," tuturnya, Senin (25/6/2018).

Ia menuturkan, bahwa peserta didik yang memilih jalur prestasi, memiliki dua kesempatan. Artinya, ketika tidak lolos di jalur prestasi, peserta yang bersangkutan bisa ikut mendaftar lagi untuk jalur zonasi.

"Kalau untuk jalur prestasi yang 15 persen, yang utama dilihat adalah nilai dan tentu saja harus warga kota," bebernya.

Ia menekankan peserta didik untuk memperhatikan pilihan sekolahnya. Edy berpesan agar mereka mengurutkan sekolah tujua n sesuai dengan prioritasnya. Tahun ini, peserta didik bisa memasukan semua SMP Negeri dalam pilihan mereka. Total SMP Negeri di Kota Yogyakarta adalag 16 sekolah.

"Kalau mau pilih satu sekolah saja juga boleh," ujarnya.

Jadwal pengajuan pendaftaran online untuk jalur prestasi adalah 25 Juni-3 Juli 2018. Pengajuan pendaftaran dilakukan melalui http://yogya.siap-ppdb.com. Selanjutnya, pada 2-3 Juli 2018 dilakukan verifikasi pendaftaran yang bertempat di salah satu sekolah pilihan peserta didik.

INFORMASI PPDB - Wali murid mendatangi Disdikpora Kota Yogyakarta untuk meminta informasi seputar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018 diJalan Hayam Wuruk, Yogyakarta, Jumat (22/6/2018). PPDB 2018 akan dimulai 3-5 Juli 2018 untuk tingkat SMA/SMK.
INFORMASI PPDB - Wali murid mendatangi Disdikpora Kota Yogyakarta untuk meminta info rmasi seputar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018 diJalan Hayam Wuruk, Yogyakarta, Jumat (22/6/2018). PPDB 2018 akan dimulai 3-5 Juli 2018 untuk tingkat SMA/SMK. (TRIBUNJOGJA/Bramasto Adhy)

Hasil akhir online dapat dilihat melalui website pada 3 Juli 2018 pukul 24.00 dan pengumuman akan ditempelkan di papan pengumuman sekolah pada 4 Juli 2018 pada pukul 08.00 yang dilanjutkan dengan daftar ulang.

Sebelumnya, Kabid Pendidik Tenaga Kependidikan Data dan Informasi Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Samiyo menjelaskan bahwa sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 17 tahun 2017 tentang PPDB, diatur bahwa sekolah wajib menerima siswa yang berada di zona terdekat sekolah sebesar 90 persen dari total siswa, siswa dari luar zona dengan jalur preatasi sebesar 5 persen, dan siswa yang mengikuti perpindahan domisili orang tua sebesar 5 persen.

Prosentase 90 persen tersebut yang oleh pihaknya dikaji kembali dan mengha silkan pembagian prosentasi sebesar 75 persen merupakan siswa yang tinggal dekat dengan sekolah dihitung berdasarkan radius berbasis RW sementara 15 persen sisanya adalah siswa di dalam zona yang memiliki prestasi.

"Ini suatu upaya dari kami untuk mengatasi keberadaan sekolah yang tidak merata di Kota Yogya. Misalkan di Umbulharjo dan Mergangsan, paling dekat SMPN 9 dan SMPN 10," ujarnya.

Baca: Pengajuan Pendaftaran Online PPDB 2018 Jalur Prestasi dan Jalur Zonasi Sudah Dibuka

Samiyo menuturkan, dengan adanya pembagian tersebut maka siswa yang memiliki prestasi dan berada di dalam zona tidak perlu khawatir karena prestasi yang ia miliki akan diperhitungkan untuk bisa masuk di sekolah terdekat.

"Dari 15 persen itu untuk siswa yang berprestasi pada Olimpiade Sains Nasional (OSN), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)," bebernya. (*)

Penulis: kur Editor: iwe Sumber: Tribun Jogja Ikuti kami di Perjuangan Wanita Hamil Selamat dari KM Sinar Bangun, Sempat Pegangan Tangan, Suami Belum Ditemukan Sumber: Berita Yogyakarta

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »