www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Sultan: pembangunan outer ringroad atasi kemacetan di Yogyakarta

Posted by On 06.44

Sultan: pembangunan outer ringroad atasi kemacetan di Yogyakarta

Bantul (ANTARA News) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan pembangunan "outer ringroad" untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di Yogyakarta.
"Telah disepakati bahwa di Yogyakarta untuk mengatasi `crowded` kota yang terjadi dari kondisi makin tumbuhnya wilayah DIY maka diperlukan adanya outer ringroad," kata Sultan di sela acara silaturahmi dan Syawalan Gubernur DIY di Kabupaten Bantul, Senin.
Menurut Sultan, progres pembangunan outer ringroad atau jalan lingkar luar oleh pemerintah pusat tersebut saat ini sudah sampai pada tahap pembebasan tanah untuk calon lokasi pembangunan proyek besar itu.
"Akan tetapi arah jalannya tidak perlu kami sebutkan, hanya garis besarnya saja. Tapi yang jelas itu dari Tempel ke Prambanan (Sleman) ke selatan terus ke barat, di mana nanti dari Sentolo (Kulon Progo) ke utara jadi empat jalur outer ring road bisa tembus ke Muntilan," katanya.
Dengan demikian, lanjut Sultan, dengan adanya outer ringroad tersebut Pemda DIY tidak memerlukan jalan tol lagi, karena jaraknya sudah terlalu dekat dengan bandara internasional yang akan dibangun di wilayah Kulon Progo.
"Kami berkeberatan kalau ada tol yang menyamping dari Kulon Progo sampai kota (Yogyakarta), karena jelas akan menutup akses warga masyarakat untuk berkembang, karena tertutup semua kami keberatan," katanya.
Sultan menjelaskan alasan keberatan tol dibangun di daerah Kulon Progo karena bisa mematikan perekonomian wilayah tersebut atau di wilayah Jalan Godean yang sekarang ini ekonomi masyarakat sedang tumbuh berkembang.
"Saya berkeberatan karena wilayah itu baru tumbuh berkembang, begitu ada tol langsung mati karena tidak ada akses untuk masuk ke jalan tol. Jadi bagi saya cukup outer ringroad saja," katanya.
Sebelumnya Sultan menyepakati pembangunan tol yang menghubungkan J ogja-Solo-Semarang, hanya saja tol di Yogyakarta melewati sisi utara Yogyakarta mulai dari Prambanan Sleman sampai Ringroad utara sisi barat.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Sumber: Berita Yogyakarta

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »