Kirim Berita Yogya: Klik Disini | Konfirmasi Berita Yogya: Klik Disini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cegah Anemia, Dinkes Kota Yogyakarta Ajak Remaja Putri Rutin ...

Posted by On 01.52

Cegah Anemia, Dinkes Kota Yogyakarta Ajak Remaja Putri Rutin ...

Kesehatan

Cegah Anemia, Dinkes Kota Yogyakarta Ajak Remaja Putri Rutin Konsumsi Tablet Besi

Cegah Anemia, Dinkes Kota Yogyakarta Ajak Remaja Putri Rutin Konsumsi Tablet Besi

Cegah Anemia, Dinkes Kota Yogyakarta Ajak Remaja Putri Rutin Konsumsi Tablet BesiTribun Jogja/ Noristera PawestriDinas Kesehatan Kota Yogyakarta menggelar workshop tentang anemia yang diikuti oleh pelajar putri di wilayah Kota Yogyakarta, Rabu(25/7/2018).

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM - Sebanyak 15 sekolah tingkat SMP dan SMA di Kota Yogyakarta mengikuti worksho p anemia pada remaja sekaligus launching pemberian tablet tambah darah yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Rabu (25/4/2018)

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Yudiria Amelia menyampaikan dari hasil survey di Kota Yogyakarta tahun 2012, anemia pada remaja usia 12-18 tahun mencapai 38,9 persen.

Prevalensi tersebut masih cukup tinggi, sehingga pihaknya menyelenggarakan workshop ini guna mengedukasi para remaja, khususnya remaja putri.

"Kegiatan ini juga untuk meningkatkan kepatuhan minum tablet besi pada remaja putri yang dilaksanakan di sekolah-sekolah tingkat SMP dan SMA," papar Yudiria.

Baca: Setiap Rabu, RS Siloam Yogyakarta Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Ia melanjutkan, program mengkonsumsi tablet besi di sekolah ini sudah dilaksanakan sejak 2014 silam.

"Tablet besi kita pengadaan dengan APBD, kita serahkan ke puskesmas, pus kesmas serahkan ke sekolah," lanjut dia.

Pihaknya menyampaikan, tablet besi ini tidak hanya dikonsumsi pada saat haid saja, tetapi alangkah baiknya dikonsumsi seminggu sekali di samping mengkonsumsi makanan bergizi.

"Saya sampaikan ke sekolah itu untuk dirutinkan konsumsi tablet besi, misalnya setiap Hari Senin atau setiap jam olah raga, tapi lingkungan sekitar juga harus mendukung," ucapnya.

Guna mewujudkan konsumsi rutin tablet besi tersebut, pihaknya juga telah melakukan sosilasiasi kepada petugas UKS di setiap sekolah serta ahli gizi yang juga rutin cek ke sekolah.

"Kenapa kami menyasar sekolah? Karena Di sekolah pembelajaran seperti ini nantinya diharapkan bisa dilanjutkan sampai kuliah dan rumah tangga," terang dia. (tribunjogja)

  • < /li>
Penulis: Noristera Pawestri Editor: has Sumber: Tribun Jogja Ikuti kami di Pria dalam Bungkus Rokok Ini Ternyata Warga Kuningan, Protes Fotonya Bersama Anak Dimuat Tanpa Izin Sumber: Berita Yogyakarta | Disclaimer: Semua posting di blog ini merupakan pendapat pribadi dan tanggung jawab masing-masing penulis sepenuhnya.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »