Kirim Berita Yogya: Klik Disini | Konfirmasi Berita Yogya: Klik Disini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Penghargaan KLA Yogyakarta naik kelas menjadi nindya

Posted by On 07.05

Penghargaan KLA Yogyakarta naik kelas menjadi nindya

Yogyakarta (ANTARA News) - Kategori penghargaan Kota Layak Anak yang diterima Kota Yogyakarta tahun ini naik kelas dari sebelumnya Madya menjadi Nindya, atau sesuai target dari Pemerintah Kota Yogyakarta.
"Setelah empat kali memperoleh penghargaan Kota Layak Anak (KLA) kategori Madya secara berturut-turut sejak 2011-2017, akhirnya kami merasa lega karena tahun ini bisa naik kelas menjadi Nindya," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Yogyakarta Octo Noor Arafat di Yogyakarta, Selasa.
Meskipun meraih penghargaan Kota Layak Anak bukan menjadi tujuan utama dari Pemerintah Kota Yogyakarta, namun Octo menyebut bahwa penghargaan yang baru saja diterima tersebut menunjukkan bahwa komitmen Kota Yogyakarta untuk memenuhi hak anak diakui oleh pemerintah pusat.
"Penghargaan ini tentunya semakin menyemangati kami untuk berbuat lebih baik lagi unt uk anak-anak Kota Yogyakarta," katanya.
Octo mengatakan sudah menyiapkan berbagai program sebagai tindak lanjut usai meraih penghargaan, di antaranya penguatan regulasi, dan sinergi dengan dunia usaha maupun media.
Salah satu langkah yang akan ditempuh, di antaranya dukungan dari BPD dan Bank Jogja untuk Sekolah Ramah Anak dan Puskesmas Ramah Anak.
Baca juga: Yogyakarta pertahankan predikat Kota Layak Anak kategori madya
Baca juga: Wujudkan Yogyakarta Layak Anak Dengan Menekan Kekerasan
"Kami juga memiliki kesepakatan bersama dengan Kadin dan Iwapi untuk kegiatan pemenuhan hak anak termasuk advokasi terhadap Perda Adminduk agar anak-anak yang sudah memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) bisa mendapatkan insentif seperti diskon, semisal belanja perlengkapan sekolah di supermarket tertentu," katanya.
Kebijakan Pemerintah Kota Yogyakarta dengan program Gandeng Gendong juga menjadi penyemangat kami untuk terus menguatkan komitmen memberikan perlindung an dan pemenuhan hak anak, katanya.
Sementara itu, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi yang menerima penghargaan tersebut Senin (23/7) malam mengatakan bangga atas prestasi yang dicapai Kota Yogyakarta.
"Kota Yogyakarta sudah menunjukkan komitmen yang maksimal untuk mencapai prestasi ini. Ada banyak dukungan dari berbagai pihak untuk meneguhkan komitmen tersebut," katanya.
Sejumlah dukungan tersebut di antaranya keberadaan Kampung Ramah Anak, gerakan jam belajar masyarakat, Kampung Bebas Asap Rokok, Sekolah Ramah Anak, hingga Puskesmas Ramah Anak. Hingga saat ini, terdapat 34 Sekolah Ramah Anak, dan 178 Kampung Ramah Anak.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Sumber: Berita Yogyakarta | Disclaimer: Semua posting di blog ini merupakan pendapat pribadi dan tanggung jawab masing-masin g penulis sepenuhnya.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »