Kirim Berita Yogya: Klik Disini | Konfirmasi Berita Yogya: Klik Disini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Launcing ALEKSA, Perpustakaan Kota Yogya Hadirkan Koleksi ...

Posted by On 06.25

Launcing ALEKSA, Perpustakaan Kota Yogya Hadirkan Koleksi ...

Kota Yogya

Launcing ALEKSA, Perpustakaan Kota Yogya Hadirkan Koleksi Pustaka Bernuansa Yogyakarta

Launcing ALEKSA, Perpustakaan Kota Yogya Hadirkan Koleksi Pustaka Bernuansa Yogyakarta

Launcing ALEKSA, Perpustakaan Kota Yogya Hadirkan Koleksi Pustaka Bernuansa YogyakartaTribun Jogja/ Noristera PawestriPerpustakaan Kota Yogyakarta melauncing Layanan baru yakni ALEKSA atau Ada Koleksi Lokal Konten Yogyakarta, Rabu(1/8/2018).

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta melaunching layanan baru y akni ALEKSA atau Ada Koleksi Lokal Konten Yogyakarta yang ada di Perpustakaan Kota Yogyakarta lantai 2 pada Rabu (1/8/2018) sore.

ALEKSA merupakan inovasi baru di Perpustakaan Kota Yogyakarta yang menghadirkan sajian koleksi pustaka bernuansa lokal Yogyakarta.

Layanan ALEKSA ini senada dengan tugas perpustakaan untuk menunjang terselenggaranya pusat budaya lokal, sehingga akan mendorong kecintaan masyarakat terhadap budaya lokal.

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko menyampaikan, adanya ALEKSA ini merupakan hasil budaya kerja inovatif yang memaksa untuk terus melaksanakan layanan inovatif.

Menurutnya, tanpa ada layanan inovatif maka layanan yang menjadi amanah akan ditinggalkan oleh publik.

"Kita harus terus berinovatif menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat. Kalau layanan yang kita berikan tidak sesuai dengan masyarakat, maka masyarakat akan meninggalkan kita karena tidak sesuai d emgan kebutuhan dan keinginan mereka. Salah satunya dengan layanan inovatif ini," kata Wahyu.

Baca: Pemkot Luncurkan Layanan Baru di Perpustakaan Kota Yogya

Ia menambahkan, ALEKSA ini menjawab permintaan masyarakat yang menginginkan praktis.

"Masyarakat kan inginnya one stop servis, one stop research seperti itu juga lalau ingin cari data ya nggak perlu pergi ke rak ini untuk masalah budaya kemudian pergi ke rak lain untuk masalah politik, cukup satu tempat mereka bisa mengakses bahan pustaka yang terkait dengan kota Yogyakarta," lanjutnya ketika ditemui usai peresmian ALEKSA.

ALEKSA ini menyediakan semua konten lokal baik digital maupun analog yang ada di Kota Yogyakarta.

Di sisi lain, dalam rangka pengembangan inovasi ALEKSA ini telah dilakukan penjajagan kerjasama dengan Penghageng II Kawedanan Hageng Punokawan Widya Budaya, Kraton Ngayogyakarta pada 12 Juli lalu.

"Ke depan harapannya jalinan kerjasama ini akan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk dapat mengetahui lebih lanjut tentang naskah kuno yang dimiliki oleh Kraton Ngayogyakarta," terang dia.

Kegiatan launching ini juga dimeriahkan oleh komunitas Chattra Kebaya yang menampilkan tutorial berkebaya dan berkain praktis.(tribunjogja)

Penulis: Noristera Pawestri Editor: has Sumber: Tribun Jogja Ikuti kami di Bukan Tertabrak Istri, Penyebab Kematian Pria di Surabaya Ini Diungkap Keluarga, Videonya Viral Sumber: Berita Yogyakarta | Disclaimer: Semua posting di blog ini merupakan pendapat pribadi dan tanggung jawab masing-masing pe nulis sepenuhnya.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »