www.AlvinAdam.com
Kirim Berita Yogya: Klik Disini | Konfirmasi Berita Yogya: Klik Disini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Rencana Terkini Program Mempercantik Kotabaru Yogyakarta

Posted by On 19.18

Rencana Terkini Program Mempercantik Kotabaru Yogyakarta

Liputan6.com, Yogyakarta - Pemerintah Yogyakarta terus melanjutkan pekerjaan revitalisasi trotoar di sepanjang Jalan Suroto, Kotabaru yang sudah dimulai sejak akhir Juni silam. Pekerjaan kini mencapai sekitar 10 persen dari total pekerjaan.

Menurut Pejabat Pembuat Komitmen Revitalisasi Trotoar Kotabaru Umi Akhsanti, perkembangan pekerjaan revitalisasi tersebut masih sesuai dengan tata kala. Dia optimistis jika pekerjaan bisa diselesaikan tepat waktu.

Trotoar di Jalan Suroto yang semula menggunakan paving block akan diganti menggunakan bahan teraso keabu-abuan dan dilengkapi dengan ornamen guna mendukung citra kawasan Kotabaru sebagai kawasan Indis. Fasilitas pendukung yang akan ditempatkan di trotoar, seperti bangku taman dan tiang lampu juga didesain khusus agar sesuai dengan citra kawasan Indis termasuk penggunaan warna yang akan didominasi putih tulang.

  • Ko tabaru Yogyakarta Bakal Seperti Malioboro
  • Kotabaru, Miniatur Kota Belanda Tempo Dulu di Yogyakarta
  • Tanpa SK Cagar Budaya, Puluhan Bangunan Tua di Kotabaru Terancam Tandas

Total panjang trotoar yang akan direvitalisasi mencapai sekitar dua kilometer. Trotoar akan diperlebar dari semula 1,1 meter dibuat menjadi 2,4 meter dengan mengubah drainase yang sebelumnya terbuka menjadi saluran tertutup. Ukuran drainase pun diperbesar menjadi 80x80 centimeter.

Seluruh pekerjaan revitalisasi kawasan pedestrian di Jalan Suroto ditargetkan selesai pada 23 Desember mendatang. Dengan demikian, kawasan tersebut diharapkan sudah bisa dinikmati saat libur panjang akhir tahun.

Sementara, sebanyak 15 tiang listrik di Jalan Suroto Kotabaru, Yogyakarta, akan dipindahkan ke tepi bagian dalam trotoar yang kini direvitalisasi.

"Kami mencatat ada 15 tiang listrik di sepanjang Jalan Suroto yang harus dipindahkan," kata Umi Akhsanti di Yogyakar ta, Jumat, 3 Agustus 2018, dilansir Antara.

Menurut dia, pemindahan tiang listrik akan dilakukan mulai pekan depan, diawali dengan pemasangan tiang pengganti kemudian dilanjutkan pekerjaan pemindahan jaringan dan diakhiri dengan pembongkaran tiang lama. Pemindahan tiang listrik ditujukan agar posisi tiang berada di bagian paling dalam trotoar sehingga terlihat lebih rapi.

Umi mengatakan pula, pihaknya sudah melakukan sejumlah antisipasi agar pekerjaan tidak terhambat di antaranya dengan terlebih dulu melakukan pemasangan box culvert untuk drainase.

"Pada titik yang akan digunakan untuk pemindahan tiang listrik milik PLN, sudah kami siapkan tempatnya di Kotabaru. Nanti tinggal dipasang saja agar pekerjaan bisa lebih cepat," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Menyusul gelombang tinggi yang terus terjadi di perairan selatan Daerah Istimewa Yogyakarta pasokan ikan laut ke pasaran di Sleman, ter lihat menurun drastis.

Sumber: Berita Yogyakarta | Disclaimer: Semua posting di blog ini merupakan pendapat pribadi dan tanggung jawab masing-masing penulis sepenuhnya.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »